Dec 22, 2008

Firman Tuhan 21 Des 2008
Lukas 1 : 26 - 38
Pdt. Gatot Pudjo T.

Raja Daud, adalah hamba Tuhan, demikian juga Maria ( bunda Tuhan Yesus Kristus ).

Daud, pria, Maria, perempuan. Dalam konteks Yahudi saat itu, Daud sangat dihargai karena ia kuat, perkasa, berstatus sebagai raja Israel, tapi Maria lemah karena ia perempuan. Umat Israel bahkan percaya bahwa Mesias akan lahir dari keturunan Daud. Maria hanyalah rakyat biasa, orang kecil ----> pada saat ia dipanggil Tuhan.
Persamaan keduanya : " sama-sama mengikut kata Tuhan ".
Keinginan Daud membangun rumah Tuhan sangat didukung Nabi Natan, namun Tuhan punya rencana lain.
Daud mengikuti Tuhan, demikian juga Maria, namun resiko yang dihadapi keduanya berbeda. Dalam Injil Lukas, hanya Maria yang diberitahu malaikat bahwa ia akan mengandung, tapi tidak kepada Yusuf, tunangannya. Bila mengikuti hukum Taurat, Maria seharusnya dihukum mati karena dianggap berzinah.
Tuhan yang memanggil Maria, bukan sekedar Tuhan yang memanggil, tapi Tuhan yang menyertai. Hal inilah yang membuat Maria mampu menanggung masalah yang dihadapinya.
Ada berapa banyak hamba Tuhan di GKI Jatiasih ?
Kita yang hidup pada saat ini, juga adalah hamba-hamba Tuhan yang diberikan tanggungjawab untuk memberitakan Firman Tuhan, memberitakan Injil. Dan dalam kehidupan masyarakat kita, marilah juga kita memperhatikan kaum perempuan & kaum yang lemah. Marilah kita hentikan segala tindakan kekerasan terhadap kaum perempuan.
AMIN

0 comments:

Post a Comment

Semua komentar sangat saya hargai.
Damai untuk semua...