Jan 4, 2009

Matius 2 : 1-12
Pdt. Gatot Pudjo T
4 Jan 2009

Pada abad-abad awal, orang Mesir biasa merayakan hari lahir Dewa Kekekalan. dan biasanya diperingati tanggal 6 Jan. Gereja Timur, pada 6 Jan biasa merayakan hari Ephifania, sedangkan gereja Barat biasa merayakan berdekatan dengan tanggal 6 Jan.
Arti Ephifania >>> penampakan >>>> seperti ketika Allah menampakkan diri di semak belukar yang menyala tapi tidak terbakar. Api menyala ini merupakan lambang terang Allah yang merupakan simbol kemuliaan Allah.
Tuhan ternyata menerangi, menyelamatkan tidak hanya untuk bangsa Israel tapi juga kepada seluruh bangsa. Bila pemimpin bangsa memerintah dengan keadilan Tuhan, maka akan membawa damai sejahtera kepada seluruh masyarakat. Kelahiran Yesus Kristus merupakan perwujudan nubuat bagi bangsa Israel. Tapi kehadiran orang Majus memberikan makna bahwa kelahiran Tuhan juga untuk bangsa lain. Kelahiran Kristus merupakan universalitas anugerah Allah bagi semua manusia.
Perayaan perjamuan Kudus bermakna kita harus memperlakukan orang lain ( setiap orang ) sebagai manusia.
Jemaat yang vital dan punya daya tarik adalah jemaat yang memperlakukan setiap orang sebagai subyek, bukan obyek.
Marilah kita bersyukur karena Allah menolong dan menghargai kita serta berkenan mengajak/melibatkan kita untuk juga menolong orang lain. Dalam kehidupan berjemaat, sering kali hanya sedikit yang perduli kepada jemaat yang kesusahan atau sakit.
Universalitas Allah mendorong dan menyemangati jemaat agar jemaat semakin menjadi berkat bagi orang lain.
AMIN

0 comments:

Post a Comment

Semua komentar sangat saya hargai.
Damai untuk semua...