Dec 29, 2008

Lukas 2 : 22 - 40
Pdt. Gatot Pudjo T
28 Des 2008

Menurut Alkitab, selamat artinya pulihnya hubungan manusia dengan Tuhan. Pulihnya hubungan Tuhan dengan umat digambarkan oleh kitab Yesaya seperti kembalinya " suami " kepada istrinya.
Pada masa itu, kaum perempuan tidak terlalu dipandang masyarakat.
Masa pembuangan bangsa Israel ke Babilonia diibaratkan seperti istri yang ditinggalkan oleh suaminya. Dulu, Tuhan sangat jijik melihat Israel, tapi sekarang hubungan itu dipulihkan. Kita juga dulu adalah hamba dosa. Hubungan kita hanya antara kita dan dosa/iblis. Kita tidak hanya melihat keselamatan tapi mengalaminya. Bahkan kita diutus oleh Tuhan untuk mengabarkan berita keselamatan itu supaya terjadi pemulihan hubungan antara Allah dengan alam semesta beserta segenap isinya.
Ada 2 tokoh dalam kitab Lukas yang melakukan hal-hal kecil dalam berperan serta memulihkan hubungan Allah dengan manusia. Tuhan mengundang kita untuk terlibat dan turut serta ambil bagian dalam memulihkan hubungan Allah dengan manusia. Tidak hanya itu, tapi juga janji Tuhan mengajak kita untuk memulihkan hubungan antara manusia dengan manusia.
Simeon, menyatakan imannya dengan berkata bahwa Yesus Kristus yang saat itu baru lahir, adalah Allah sumber damai sejahtera bagi seluruh manusia. Sebagai orang-orang yang memanggil Allah sebagai Bapa, marilah kita juga mengikuti teladan-Nya yang senantiasa sabar dan selalu mengambil inisiatif untuk memulihkan hubungan Allah dengan kita, senantiasa mengambil inisiatif untuk mengampuni.
Kalau kita berada dipihak yang disakiti, marilah kita juga untuk senantiasa terlebih dahulu memaafkan & menampuni orang lain. Saat ini kita tidak hanya melihat keselamatan, tapi mengalami keselamatan itu. Dan Tuhan ingin agar kita bersedia dipakai oleh Tuhan dalam karya keselamatan sampai kesempurnaannya. AMIN

0 comments:

Post a Comment

Semua komentar sangat saya hargai.
Damai untuk semua...