Feb 28, 2009

22 Feb 2009
Pdt. Gatot Pudjo T

II Raja-raja 2 : 1-12, Mazmur 50 : 1-6, II Kor. 4 : 3-6, Markus 9 : 2-9

Hari Minggu ini merupakan hari transfigurasi , yaitu hari dimana Yesus Kristus yang berubah rupa dan dimuliakan di sebuah gunung. Juga diperingati dimana Yesus diteguhkan sebagai juruselamat yang mati di kayu salib merupakan keputussan yang tepat.
Peneguhan Yesus Kristus menempuh jalan salib ditampakkan melalui pertemuan Tuhan Yesus dengan nabi Elia dan Musa. Musa dan Elia menegaskan dan mengatakan : “ Teruskanlah jalan salib itu “.
Peristiwa transfigursi memperlihatkan kepada murid-murid bahwa keputusan mereka mengikut Yesus adalah tepat karena Yesus adalah Mesias, sang juru selamat.
Manusia yang mengalami dan melihat kemuliaan Allah dipanggil untuk hidup dalam kemuliaan Allah dan bersaksi tentang kemuliaan Allah dalam hidup kita.
Paulus juga hidup dalam kemuliaan Allah ; yang semula seteru Tuhan Yesus berubah menjadi sekutu Tuhan Yesus. Ia bersedia mengalami kemuliaan allah dan bersaksi tentang kemuliaan Allah.
Kitapun bisa tidak melihat kemuliaan Allah karena dibutakan oleh ilah zaman ini.
Apa saja yang merupakan ilah zaman ini ?
UANG ; urutan yang benar adalah : Allah menciptakan manusia, dan manusia menciptakan uang. Jadi manusia harusnya takluk kepada Allah dan mengatur uang, tapi yang terjadi adalah manusia takluk kepada uang bukan kepada Allah.
AGAMA ; urutan yang benar ialah : Allah menciptakan manusia, manusia melembagakan agama. Tapi sering kali terjadi karena agama manusia saling bentrok dengan sesama.
Sebenarnya istilah Kristen pertama kali dinyatakan di kota Antiokhia. Yesus Kristus datang ke dunia ini tidak membawa agama tapi keselamatan. Jangan sampai karena agama manusia saling membenci.
TEKNOLOGI & ILMU PENGETAHUAN ; Kita tidak harus anti dengan teknologi dan ilmu pengetahuan. Manusia tidak berdosa karena punya HP, tapi jangan sampai ibadah yang cuma ½ jam – 45 menit masih diinterupsi oleh bunyi HP.
Allah menyatakan kemuliaanNya dalam kehidupan kita sehari-hari dan bisa saja dengan cara yang biasa-biasa saja. Kita dipanggil untuk hidup dan bersaksi akan kemuliaan Allah yang kita alami.
AMIN

0 comments:

Post a Comment

Semua komentar sangat saya hargai.
Damai untuk semua...